Cara Membuat Strategi Media Sosial yang Efektif

By | 19 Mei 2020

Media sosial adalah salah satu alat terbaik untuk periklanan gratis yang pernah ada di dunia. Dengan potensi untuk terhubung ke jutaan orang di seluruh dunia secara gratis, strategi media sosial yang baik sangat penting untuk setiap bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah dalam membuat rencana media sosial yang efektif. Jika Anda telah memutuskan Anda tidak ingin menyewa agen staf kreatif untuk melakukan pekerjaan untuk Anda, ini akan menjadi penting untuk bisnis Anda.

Cara Membuat Strategi Media Sosial yang Efektif

Cara Membuat Strategi Media Sosial yang Efektif

Tips Membuat Media Sosial Yang Baik dan Benar

1. PINTAR

Pertama dan terpenting, Anda perlu mengetahui tujuan dan tujuan jangka panjang Anda. Tanpa mengetahui ini, akan jauh lebih sulit untuk meluncurkan kampanye media sosial yang sukses.

SMART adalah singkatan:

  • Specific
  • Measurable
  • Attainable
  • Relevant
  • Time-bound

Jika Anda perlu bantuan untuk menyelesaikannya, kami sarankan Anda mengikuti kerangka kerja yang ditemukan di sini .

2. Lacak Hasil

Melacak hasil yang tepat adalah langkah penting berikutnya. Pastikan Anda fokus pada apa yang diperhitungkan. Retweet dan suka mungkin mengesankan untuk dilihat, tetapi mencari tahu nilainya bagi bisnis Anda bisa rumit. Alih-alih berfokus pada ini, lihat lead yang dihasilkan, konversi, dan rujukan.

Melacak berbagai tujuan untuk platform media sosial yang berbeda juga bisa efektif. Posting Instagram umumnya menerima reaksi yang sangat berbeda dengan LinkedIn, misalnya.

3. Pelajari Audiens Anda

Mencari tahu siapa klien ideal Anda dan apa yang ingin mereka lihat di umpan media sosial mereka sangat penting jika Anda ingin mengubahnya dari pemirsa ke klien.

Anda harus mulai menerapkan tes split. Buat berbagai iklan dan pos yang ditargetkan untuk berbagai kepribadian dan kepribadian. Cari tahu mana yang menerima umpan balik dan reaksi terbaik dan gunakan informasi itu untuk membantu menyesuaikan posting Anda berikutnya.

4. Teliti Persaingan

Ada kemungkinan besar bahwa pesaing terbesar Anda sudah memiliki akun media sosial. Ini bagus untuk Anda, karena Anda dapat menggunakan kerja keras mereka untuk keuntungan Anda. Lakukan beberapa analisis kompetitif tentang apa yang mereka lakukan dan siapa yang mereka targetkan, dan Anda harus memahami dengan baik apa yang diharapkan industri Anda.

Selain mencari tahu apa yang bekerja di industri khusus Anda, penelitian ini juga akan memungkinkan Anda untuk melihat peluang. Jika Anda melihat celah dalam strategi pesaing, sesuatu yang Anda pikir telah mereka lewatkan atau Anda bisa lakukan lebih baik, lakukanlah!

5. Lakukan Audit Media Sosial Reguler

Setelah Anda memulai kampanye dan telah berjalan selama periode waktu yang baik, sekarang saatnya untuk melakukan beberapa audit.

Selama audit ini Anda harus melihat:

  • Strategi apa yang berhasil / tidak berhasil
  • Siapa yang terlibat dengan posting atau iklan Anda?
  • Dari platform apa Anda mendapatkan yang paling banyak?
  • Bagaimana Anda membandingkan dengan pesaing Anda?

Dalam permainan media sosial, banyak hal berubah sangat cepat, ini adalah dunia yang tidak stabil. Ketika jaringan baru datang ke garis depan dan yang lain berubah dalam hal demografi mereka, Anda benar-benar harus melihat strategi media sosial Anda sebagai entitas yang terus berubah. Dengan melakukan ini, Anda harus dapat beradaptasi untuk berubah lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *